Pemenang 1 Sayembara Hutan Kota 'Rajut : Irigasi Mitigasi'

Tak hanya mengakomodasi manusia dengan jeda dalam kesehariannya, Rajut mencoba mengembalikan keseimbangan alam sekitar yang senantiasa terganggu kala banjir meluap. Rajut menyediakan Irigasi dengan mengaktivasi wisata air dan Mitigasi dengan mengantisipasi bencana banjir dengan membuka jalur baru kepada waduk yang tersedia. 


Rajut memastikan ketercapaian Irigasi dan Mitigasi dengan membuka peluang baru dan menjaga celah terbuka tersebut guna mengoptimalisasikan ruang yang ada diantaranya. Irigasi yang disediakan didapat dari aliran drainase eksisting yang di setiap inletnya akan melalui rangkaian filtrasi yang diakomodasi oleh lansekap secara linear hingga menjadi air yang layak dan aman dalam jangkauan interaksi manusia. Rangkaian filtrasi akan juga diaplikasikan pada outlet guna mengantisipasi debit waduk yang sewaktu-waktu berlebih hingga keamanan & kelayakan air tetap terjamin dalam alur berlawanan. 

Guna meningkatkan ruh sejati penggabungan Taman dan Hutan, Rajut mengakomodasi interaksi yang baik dengan vegetasi yang menginfiltrasi ruang-ruang taman guna menciptakan relung yang mampu mengoptimalkan terjadinya aktifitas ruang luar.

Vegetasi yang termilih memiliki beberapa peran sebagai Pemadat, Pembatas, Peneduh, Penanda, hingga Penyaring dan Penghalang. Semua peran terpilih guna merajut kemungkinan terjadinya peristiwa Irigasi dan Mitigasi yang optimal dan efektif.

Irigasi yang disediakan didapat dari aliran drainase eksisting yang di setiap inletnya akan melalui rangkaian filtrasi yang diakomodasi oleh lansekap secara linear melalui 3 tahap; Sedimentasi Arang & Oksigen, Sediment Forebay, dan Gravel hingga menjadi air yang layak dan aman dalam jangkauan interaksi manusia. Rangkaian filtrasi akan juga diaplikasikan pada outlet guna mengantisipasi debit waduk yang sewaktu-waktu berlebih hingga keamanan & kelayakan air tetap terjamin meskipun alur berlawanan. 

Program yang mampu diakomodasi baik oleh ruang terbuka dan terbangun meliputi program 1) Interaksi; Kebutuhan (Toilet, Musholla, etc), 2) Lokasi pembibitan dan pengomposan yang juga mampu sewaktu-waktu mampu digunakan sebagai workshop outdoor, 3) Ruang interaksi dengan air sedalam 50cm dan 4) Keberlangsungan harmonisasi kegiatan antar manusia dan alam dengan pengadaan ruang yang sudah diperuntukkan untuk masing-masing tetapi tetap bersanding saling melengkapi keseimbangan.

Dengan kapabilitas ruang yang ditawarkan oleh elemen terbangun ini, Rajut diharapkan mampu melengkapi kebutuhan kawasan tematik Betawi yang selama ini sudah dimiliki Setu Babakan. Dengan ini, keharmonisasian ruang dengan sekitar dan keterlibatan aktif Rajut pada kegiatan sekitar mampu tercapai.


Tim: Assy Saffa Lazuardiani Sakinah dan Kanigara Ubaszti Putra